Minggu, 19 Juli 2015

Download Buku Mencari Pahlawan Indonesia karya Anis Matta

Download Buku Mencari Pahlawan Indonesia karya Anis Matta

Mencari Pahlawan Indonesia merupakan kumpulan dari tulisan "Serial Kepahlawanan" yang dimuat di Majalah Tarbawi. Pembukuan serial tulisan ini bukanlah sebuah proyek mekanik, semacam menjahit sesuatu yang tercerai berai dari rubrik demi rubrik atau edisi demi edisi di Majalah Tarbawi begitu saja. Bukan. Ini adalah pembukuan sebuah serial ide yang khas.

Khas, karena tulisan-tulisan dalam buku ini memadukan antara spirit normatif yang kuat dengan ilustrasi sejarah—peristiwa maupun sosok—yang sangat aplikatif. Tetapi ia tetap bisa hadir sebagai renungan aktual bagi kehidupan saat ini, yang kian kering dari para pahlawan. Antara satu tema dalam serial ini memiliki hubungan dengan tema yang lain. Tapi ia tetap bisa dinikmati judul demi judulnya, tanpa harus terasa terputus dari judul yang lain. Dan, itulah keunggulannya.

Maka, ketika serial itu dikumpulkan dalam satu buku, yang terjadi adalah terangkainya serial-serial itu dalam kedekatan yang lebih bertenaga. Tetapi tetap dengan karakternya. Anda bisa menikmati judul mana saja, dan Anda akan mendapatkan sebuah makna yang mandiri. Atau Anda akan menyelaminya dari awal, satu demi satu, dan Anda juga akan mendapatkan beragam makna dalam satu mata rantai yang utuh.

Vitalitas tulisan dalam buku ini tidak saja bisa diukur dari makna dan filosofinya. Tapi juga dari konsistensinya. Salah satunya, tentu, kehadirannya yang setia di hadapan pembaca Tarbawi selama ini. Empat setengah tahun bukan waktu yang singkat untuk tetap mengeksplorasi sebuah tema besar: kepahlawanan, lalu menuangkannya dalam gagasan yang mendalam tetapi dengan bahasa yang mengalir.

Buku ini memuat 61 artikel dengan judul sebagai berikut.
1. O, Pahlawan Negeriku
2. Naluri Kepahlawanan
3. Keberanian
4. Kesabaran
5. Pengorbanan
6. Kompetisi
7. Filosofi
8. Optimisme
9. Pekerjaan Besar dan Pekerjaan Kecil
10. Vitalitas
11. Menilai Diri Sendiri
12. Momentum Kepahlawanan
13. Keunikan
14. Kesempurnaan
15. Sahabat Sang Pahlawan
16. Determinasi Sosial
17. Di Balik Keharuman
18. Kegagalan
19. Musibah
20. Kesalahan
21. Kekalahan
22. Imajinasi
23. Syubhat Mimpi
24. Firasat
25. Keterhormatan
26. Aib Kepahlawanan
27. Sensitifitas Kepahlawanan
28. Jenak-Jenak Kejujuran
29. Sinergi Kecerdasan
30. Siasat Pengalihan
31. Seni Ketidakmungkinan
32. Setelah Legenda
33. Kemanjaan
34. Pahlawan Melankolik
35. Apresiasi
36. Sukses Kecil ke Sukses Besar
37. Kepahlawanan Kolektif
38. Jebakan Massa
39. Tekanan
40. Karunia Kegagalan
41. Keluarga Pahlawan
42. Pewarisan
43. Menanti Kematangan
44. Pusat Keunggulan
45. Bayangan Sang "Icon"
46. Nila
47. Muara Peradaban
48. Pahlawan Kebangkitan
49. Pahlawan Kejayaan
50. Keterbatasan
51. Di Antara Reruntuhan
52. Perempuan Bagi Pahlawan
53. Gairah yang Membuat Tenang
54. Tragedi Cinta
55. Kebutuhan, Bukan Ketergantungan
56. Cinta di Atas Cinta
57. Harta Bagi Pahlawan
58. Daya Cipta Material
59. Tangan Dingin Sang Zahid
60. Pahlawan Tanpa Harta
61. Bisnis Kehormatan



Berikut ini "Pendahuluan" dari Anis Matta yang diberi judul "Pesan untuk Orang-orang Biasa"

Kumpulan tulisan ini adalah anak-anak zamannya. Lahir saat badai menerpa seluruh sisi kehidupan bangsa kita. Kumpulan tulisan ini adalah kerja kecil untuk tetap mempertahankan harapan dan optimisme kita di tengah badai itu.

Krisis adalah takdir semua bangsa. la tidak perlu disesali. Apalagi dikutuk. Kita hanya perlu meyakini sebuah kaidah, bahwa masalah kita bukan pada krisis itu. Tapi pada kelangkaan pahlawan saat krisis itu terjadi. Itu tanda kelangsungan hidup atau kehancuran sebuah
bangsa.

Pahlawan bukanlah orang suci dari langit yang diturunkan ke bumi untuk menyelesaikan persoalan manusia dengan mukjizat, secepat kilat untuk kemudian kembali ke langit. Pahlawan adalah orang biasa yang melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, dalam sunyi yang panjang, sampai waktu mereka habis.

Mereka tidak harus dicatat dalam buku sejarah. Atau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Mereka juga melakukan kesalahan dan dosa. Mereka bukan malaikat. Mereka hanya manusia biasa yang berusaha memaksimalkan seluruh kemampuannya untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang di sekelilingnya. Mereka merakit kerja-kerja kecil jadi sebuah gunung: karya kepahlawanan adalah tabungan jiwa dalam masa yang lama.

Orang-orang biasa yang melakukan kerja-kerja besar itulah yang kita butuhkan di saat krisis. Bukan orang-orang yang tampak besar tapi hanya melakukan kerja-kerja kecil lalu menulisnya dalam autobiografinya. Semangat untuk melakukan kerja-kerja besar dalam sunyi yang panjang itulah yang dihidupkan kumpulan tulisan ini. Maka tulisan-tulisan ini mencoba menghadirkan makna-makna yang melatari sebuah tindakan kepahlawanan. Bukan sekadar cerita heroisme yang melahirkan kekaguman tapi tidak mendorong kita meneladaninya.

Para pahlawan bukan untuk dikagumi. Tapi untuk diteladani. Maka makna-makna yang melatari tindakan mereka yang perlu dihadirkan ke dalam kesadaran kita. Jadi tulisan-tulisan ini adalah pesan untuk orang-orang biasa, seperti saya sendiri, atau juga Anda para pembaca, yang mencoba dengan tulus memahami maknamakna itu, lalu secara diam-diam merakit kerja-kerja kecil menjadi sebuah gunung karya.

Sukses buku ini tidak perlu diukur dengan tiras besar. Tapi jika ada satu-dua hati yang mulai tergerak, dan mulai bekerja, saya akan cukup yakin berdo'a kepada Allah: "Ya Allah, jadikanlah kerja kecil ini sebagai kendaraan yang akan mengantarku menuju ridha dan surga-Mu."


Download Buku Mencari Pahlawan Indonesia karya Anis Matta
DOWNLOAD



0 komentar:

Posting Komentar